Senyumu Inspirasiku

Belajar Dulu !!!!! Oke !! But Berdoalah Sebelum Belajar... :) !!

Jumat, 18 November 2011

Apakah PHP itu ?

Post ini akan mengupas bagaimana gambaran tentang definisi PHP dan semua tentang php selain itu mengenali kode PHP dan bagaimana peletakanya dalam kode HTML. cara kerja PHP, serta macam2 database yang ditangani oleh PHP.


apakah php itu?
menurut dokumen resmi PHP, merupakan singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor, Ia merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan di proses di server. Hasilnya yang dikirimkan ke klien, tempat pemakai menggunakan browser.

secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk web dinamis. Artinya ia dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya , Anda dapat menampilkan isi database ke halaman Web . Pada prinsipnya, PHP mempunyai fungsi yang sama dengan skrip-skirp seperti ASP (Active Server Page), Cold Fusion atau pun perl
Sejarah PHP

Kelahiran PHP bermula saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah skrip Perl yang dapat mengamati siapa saja yang melihat-lihat daftar riwayat hidupnya, yakni pada tahun 1994. Srip-skrip ini selanjutnya dikemas menjadi tool yang di sebut "Personal Home Page" . Paket inilah yang menjadi cikal bakal PHP. Pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/FI versi 2. Pada versi inilah pemrograman  dapat menemelkan kode terstruktur di dalam tag HTML, Yang Menarik, kode PHP juga bisa berkomunikasi dengan database dan melakukan perhitungan-perhitungan yang kompleks sambil jalan.

Pada saat ini, PHP cukup populer sebagai peranti pemrograman Web, terutama dilingkungan Linux, Walaupun demikian. PHP sebenarnya juga dapat berfungsi pada server-server yang berbasis UNIX, Windows NT, dan Macintosh. Bahkan versi untuk Windows 95/98 pun tersedia.

Pada awalnya PHP dirancang untuk di integrasikan dengan web server Apache. Namun, belakangan PHP juga dapat bekerja dengan web server seperti PWS (Personal Web Server). IIS( Internet Information Server), dan Xintamini.

Untuk mencoba PHP. Anda tidak perlu menggunakan komputer berkeas server. Dengan hanya sebuah komputer biasa,Anda bisa mempelajari dan mempraktekkan PHP.

Skrip PHP Code

Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML. Sebagaimana diketahui, HTML(HyperText Markup Language) adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman Web. Sebagai contoh, berikut adalah kode HTML (disimpan dengan ekstensi .htm .html)

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Mencoba HTML Selamat Mencoba</TITLE>
</HEAD>
        Selamat Belajar PHP ^^.<br>
</BODY>
</HTML>

Bila dicoba di web browser akan muncul tampilan seperti ini.

Gambar Coba html.PHP



adapun berikut merupakan contoh kode PHP yang berada di dalam kode HTML

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Mencoba HTML Selamat Mencoba</TITLE>
</HEAD>
Selamat Belajar PHP ^^.<br>
    
    <?php
printf("Tgl. Sekarang: %s ", Date ("d F Y"));
print("inilah kode php berada dalam tanda ?php");
?>
    
</BODY>
</HTML>

dan ouputnya seperti ini:

Ini Gambar Output dari PHP
 
Kode PHP menyerupai kode bahasa C, walaupun tidak sepenuhnya sama Jika anda telah mengerti C, memprogram PHP akan terasa mudah. Namun anda yang  belum pernah mengenal C pun tidak perlu khawatir karena dengan belajar maka kita akan mengerti :D

0 komentar:

Posting Komentar